Monday 11 January 2016

TENTANG DXDIAG DAN FUNGSINYA

DirectX Diagnostic Tools (DXDIAG) adalah sebuah jendela yang menampilkan informasi tentang spesifikasi secara ringkas tentang semua Komponen Hardware (perangkat keras komputer) dan Driver (software-software atau perangkat lunak yang menjadi penghubung alat pelengkap komputer) yang terinstall pada perangkat komputer. DirectX Diagnostic Tools juga merupakan suite teknologi yang digunakan oleh banyak program multimedia di Windows.

DirectX Diagnostic Tools tidak seperti System Information yang memberikan informasi secara lengkap/detail tentang sistem pada perangkat komputer kita. Tetapi keduanya bisa Kita jadikan referensi/acuan yang berkaitan dengan Cara Meningkatkan Kinerja Komputer Yang Menggunakan Sistem Operasi Windows.

Berikut cara-cara untuk membuka/menampilkan DirectX Diagnostic Tools (dxdiag) dan penjelasan tiap-tiap Tab :
Pertama, Klik tombol Start menu Windows, ketik filename dxdiag pada kotak Search, kemudian klik atau tekan enter keyboard pada icon dxdiag yang muncul.
Atau Kita bisa menggunakan fungsi Run jika komputer Kita menggunakan OS Windows Vista, OS Windows XP, atau Edisi Windows Sebelumnya.
Pada penjelasan ini akan saya bahas mengenai sistem dxdiag pada windows XP.





Sekarang Jendela DirectX Diagnostic Tools terbuka dengan Tab pertama adalah System. Lewat tab ini kita bisa melihat informasi ringkas yang terkait dengan sistem pada komputer kita, yaitu  meliputi tanggal hari ini, nama komputer, jenis system operasi di komputer tersebut (OS), bahasa yang digunakan, produsen/pabrikan komputer, model komputer/seri komputer, jenis processor, jenis Bios, Memory (RAM) yang terinstall, dll.





Yang kedua adalah directX Files, pada tab ini berisi file-file yang sedang berjalan di sistem komputer kita.




Yang ketiga adalah tab Display, yang memberikan informasi tentang Device dan Driver (alat dan driver) yang terkait dengan Display/tampilan pada komputer kita, disini kita bisa melihat Manufacturer dari VGA (Video Graphics Array), Nama dan Jenis VGA, kapasitas resolusi maximal VGA, model dan versi Driver untuk VGA, dll.





Yang keempat adalah  tab Sound, yang memberikan informasi tentang output audio serta device/alat dan drivernya.





Yang kelima adalah tab music, yang memberikan informasi tentang output audio untuk alat-alatnya, serta port-port/terminal penghubung software dan hardware music di komputer.






Yang keenam adalah tab Input, yang memberikan informasi tentang semua media input yang sedang terinstall pada perangkat komputer kita, yaitu, USB Devices dan PS/2 Devices, monitor, keyboard dan lain-lain. Disini Kita bisa melihat sub dari informasi kategori utama dengan cara melakukan double-click atau melakukan klik pada tombol +, karena sub kategori dikemas dalam bentuk navigasi hirarki. 





Yang ketujuh adalah tab Network. Yang berisi semua yang berhubungan dengan pengkoneksian jaringan.


  


Dan yang terakhir adalah tab more help yang berisi semua bantuan yang tersedia pada dxdiag ini.


5 comments:

  1. menu render apaan gan. dan kalau komputer gk da menu render di dxdiagny apa gk bisa desain grafis setinyakt after effect?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok gan untuk design grafis, tetapi kurang optimal jika tidak ada kartu grafis external ( dedicated / Render )

      Delete
  2. siap min, makasih banyak sudahs ahre ilmunya
    solder uap

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. gan kalo menu displaynya itu isinya intel hd dan ada tab rendernya nvdia itu masih bisa buat main game ga ya? thankyou gan

    ReplyDelete

luvne.com tipscantiknya.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com